Pulau Togean

Kepulauan Togean merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean terbentang sepanjang 90 km. Kepulauan ini terdiri atas 6 pulau besar dan  pulau-pulau yang lebih kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau. Kepulauan yang terletak di kawasan Teluk Tomini ini menyimpan kekayaan alam yang sungguh mengagumkan.

 

Pulau Togian 
Pulau Togian
Pulau Togian

Di kepulauan ini terdapat ratusan jenis terumbu karang, ikan, moluska, dan beberapa jenis hewan yang sudah mulai langka. Pemerintah pun menetapkan Kepulauan Togean sebagai taman nasional.

Kepulauan Togean adalah tujuan wisata yang sangat populer bagi para wisatawan dari mancanegara. Panorama alam Kepulauan Togean memang sungguh eksotis.

Di sini, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan wisata, seperti memancing, menyelam, berenang, berlayar, atau berjemur di atas pasir putih yang terhampar di hampir seluruh pantai. Rimba dengan tangkasi  dan  babi hutan di dalamnya, para nelayan dengan segenap aktivitasnya, juga rumah-rumah Suku Bajo adalah keindahan lain yang dipersembahkan Kepulauan Togean.

Tangkasi (Tarsius Spectrum) adalah binatang bertubuh kecil, hanya seukuran tikus. Tangkasi adalah jenis binatang malam. Kala siang dia tidur. Malam harinya, ia berburu mangsa: jangkerik, kecoa, dan serangga-serangga kecil yang lain. Yang membuat satwa ini begitu istimewa adalah tangkasi hanya dapat ditemukan di Sulawesi.

Pulau Obyek wisata Kepulauan Togean

Obyek keindahan terletak pada di pantai dan laut dengan berbagai kombinasi bentuk karang berpadu dengan birunya air laut yang jernih.
Kepulauan Togean merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda yaitu karang atol, karang barier dan karang pantai yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut.
Karang atol ini berbentuk pulau karang yang ditengah-tengahnya terdapat danau yang dalam.
Karang barier merupakan deretan karang yang berjejer mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding di laut yang melindungi pulau dari terjangan ombak laut. Karang ini di kedalaman 200 mtr dan muncul diatas permukaan laut sampai dengan beberapa meter.
Pulau Batudaka merupakan pulau terbesar dan yang paling mudah dicapai di kepulauan Togean. Di Pulau Batu Daka ini selain desa Bomba sebagai desa pemukiman terdapat desa Wakai tempat/ pelabuhan pemberangkatan ke Pulau Kadidiri yang merupakan obyek wisata di kepulauan Togean.
Di desa Bomba sangat baik untuk berenang dan snorkeling dan mengunjungi goa kelelawar yang tidak terlalu jauh dari desa Bomba.
Beberapa kilometer ke arah pedalaman terdapat air terjun.
Pulau Kadidiri merupakan pulau paling populer , pantai yang sangat indah dengan lokasi snorkeling dan menyelam sempurna. tersedia banyak penginapan murah dan di sebelah barat pantai terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang.
Kawasan pemukiman utama di Pulau Togean adalah Desa Katupat ,di sekitar pulau terdapat kawasan pantai yang lebih indah dan sangat bagus untuk trekking.

Pulau Kadidiri
Pulau ini memiliki panorama pantai yang sangat indah. Deretan batu karang yang terjal melengkapi pesona tempat ini. Lokasi snorkeling dan menyelam di sini sangat bagus. Tak heran, Pulau Kadidiri menjadi pulau yang paling menyita perhatian wisatawan.
Sekitar 16 km arah timur laut dari Pulau Kadidiri, tersimpan bukti sejarah Perang Dunia II. Di sini, terdapat reruntuhan pesawat B 24, pesawat pembom milik sekutu. Hingga kini, bangkai pesawat ini masih utuh. Banyak ikan dan terumbu karang tumbuh di reruntuhan pesawat ini.
Di sini, juga terdapat fasilitas akomodasi, berupa penginapan dengan harga terjangkau.

Pulau Una-Una
Di pulau ini, terdapat Gunung Colo, dengan ketinggian sekitar 2.509 meter. Gunung Colo merupakan gunung berapi yang hingga kini masih aktif. Pulau Una-Una dipercaya memiliki kawasan untuk menyelam yang terbaik di seluruh Kepulauan Togean.
Pulau yang satu ini terbilang unik. Pulau Una-Una terbentuk akibat letusan gunung berapi. Hal ini yang akhirnya membuat Pulau Una-Una berbeda dengan gugusan pulau-pulau lain di Kepulauan Togean. Jika hampir seluruh pantai di Kepulauan Togean berpasir putih, pasir pantai di Pulau Una-Una berwarna hitam.

Pulau Batudaka
Pulau Batudaka adalah pulau terbesar di Kepulauan Togean. Pulau ini juga paling mudah dijangkau. Di pulau ini, terdapat desa yang bernama Bomba. Bomba merupakan kawasan pemukiman. Jadi, di tempat ini para wisatawan dapat mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Togean. Di kawasan ini juga terdapat hutan bakau dengan panorama yang sungguh memikat, dengan suasana yang sangat tenang.

Pulau Taipi
Inilah surga bagi para pencinta olahraga menyelam. Pulau ini memiliki pemandangan alam bawah laut yang luar biasa cantik. Yang lebih dahsyat adalah dalam jarak lima meter dari garis pantai, pantai di Pulau Taipi sudah ditumbuhi terumbu karang yang menciptakan pemandangan memikat. Jadi, tidak perlu menyelam untuk dapat menikmati keindahan terumbu karang ini. Jarak Pulau Taipi dengan Pulau Kadidiri sekitar 4 kilometer.

Pulau Siatu
Pulau ini dihuni oleh Suku Bajo. Jadi, di tempat ini wisatawan akan disuguhi eksotika pemukiman Suku Bajo. Suku Bajo adalah suku laut yang legendaris. Suku ini sangat terkenal sebagai pelaut ulung. Warga Suku Bajo bahkan membangun perkampungan mereka menjorok ke arah lautan.

Kundurang
Kundurang adalah lokasi pemancingan ikan laut. Kundurang berlokasi di tengah laut karang. Degradasi warna air membuat di tempat ini benar-benar menawan. Karang-karang di tempat ini sungguh menakjubkan. Sangat indah dan dapat dilihat dari atas perahu karena air yang sangat jernih.

referensi wisata indonesia timur

 

6 Responses to Pulau Togean

  1. saya sedang tugas di baubau. saya tertarik bgt buat ke togean. kalo boleh tau ke togean bisa dicapai dengan apa ya? trip advisory buat kesana gitu dan biaya yang diperlukan untuk sampai ke togean. terima kasih.

    • sasakala says:

      Kalau anda mempunyai banyak waktu anda dapat menempuh beberapa jalur ke P Togean al:
      1. Dari Bau-bau menuju kendari (sultra) selanjutnya menuju Luwuk Banggai (Sulteng)menggunakan kapal Pelni jadual 1 kali seminggu selanjutnya menelusuri teluk tomini (pantai selatan Sulteng) ke arah Kabupaten Tojo Una, dan dari sini(Ampana) ada kapal penyeberangan ke Pulau Togean atau dari Luwuk Banggai anda menuju ke Pelabuhan penyeberangan Pangimana (Luwuk Banggai) untuk menyeberang ke Pulau Togean.
      2. Star dari Palu (Sulawesi tengah) menuju Kota Poso dan dari pelabuhan Poso dan meyeberang ke Pulau Togean atau ke Ampana melalui poso dan menyeberang ke P Togean.
      Biaya perjalanan relatif…murah ,tergantung Waktu dan kesempatan Anda.
      Saran , Sebaiknya melalui Palu ke Parigi (rental mobil 2 jam) , Palu-Parigi-Poso (Rental mobil 4 Jam) atau Palu-Parigi-Poso-Ampana (rental mobil 6 Jam) dan masing masing kota pelbuhan ada penyeberangan ke P Togean. Kalau anda menggunakan rental mobil , lebih banyak panorama pantai yang sangat indah sepanjang pantai selatan sulawesi tengah yang anda nikmati

  2. Hakim phao says:

    Sdh lama sdh k togian,klu dl setiap minggu mesti sy lalui smuanya,dr ampana smpai la k dolong..banyak kenangan yg sy tinggalkn d togian.sdh 10 tahun dah berlalu tp kenangan msh tetap d ht.wakai adalah tempt persinggahanku.dari sy hakim duta bahari..

  3. ikram says:

    ass wr,wb
    saya putra togian,kampung halaman saya tepatnya d batudaka desa bomba,walaupun uda pulahan thun sya hdup d rantau orng tpi ttap trbayang suasana d kepulawan togian,bangga jadi anak togian. ‘ternya pulau ini tidak terdapat d dalam peta indonesia! Poya Lisa Island sangat baik untuk d kunjungungi

  4. Bintang says:

    Pulau ini makin Indah.dan mempesona., setelah masuk dalam wailayah Kab TojoUna2., sayang foto terakhir tdk ada mudah2an bulan depan saya berkesempatan mengunjunginya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s