Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken terdapat disekitar pulau Bunaken  yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Sebagai taman nasional (tahun 1991) dengan luas + 89.065 ha. Secara administratif pemerintahan berada pada Kabupaten Dati II Minahasa dan Kotamadya Manado, Propinsi Dati I Sulawesi Utara.
Cara mencapai lokasi :
Sangat mudah dicapai dari Manado menggunakan perahu motor dalam waktu 25 menit. Untuk penyelaman di daerah arakan dan Wowontulap dapat digunakan jalan darat selama + 40 menit.

Potensi kawasan :
Di dalam kawasan terdapat sebuah gunung yang sudah tidak aktif lagi yaitu G. Manado Tua (+ 400 m dpl). Topografi dasar perairan secara umum memiliki konfigurasi relief/contur dasar yang beragam. Walaupun topografi dasarnya beragam, tetapi tidak terdapat daerah yang berbahaya.

Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua termasuk beriklim tropis dengan curah hujan berkisar antara 2.000 – 3.000 mm per tahun, suhu udara antara 260 – 310 C. Musim kunjungan terbaik adalah pada bulan Mei s/d Agustus.

Taman Nasional Laut Bunaken Manado Tua sebagai taman laut terindah di dunia memiliki keanekaragaman jenis organisme akuatik yang langka seperti ikan duyung, dugong-dugong, lumba-lumba dan berbagai jenis ikan hias seprti Hippocampus sp., kima raksasa, penyu sisik, penyu hijau. Di wilayah dataran terdapat monyet hitam (Macaca nigra).

Ekosistem Taman Nasional Laut Bunaken terdiri dari berbagai habitat seperti padang lamun, rumput laut, terumbu karang dan hutan bakau.

Terumbu karang yang didominasi oleh jenis Pocilopora sp, Seriaattopora sp, Pachyseris sp, Porites sp, Fungia sp, Herpolitha sp, Holomitra sp, Galaxea sp, Pectinia sp, Lobophyllia sp, Echinopora sp dan Tubastrea sp.

Pulau Bunaken
Taman laut Bunaken dilihat dari dalam perahu katamaran
Taman laut Bunaken dilihat dari dalam perahu katamaran
 

Bunaken merupakan salah satu lokasi menyelam yang terkenal di Indonesia. Bunaken menarik minat pecinta air dari seluruh dunia.

Bunaken memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, antara lain memiliki lebih dari 70 genus coral dan lima spesies penyu. Selain itu, terdapat 70% spesies ikan di Samudra pasifik, hiu karang, ikan duyung, ikan tuna dan barakuda, buaya laut, dan masih banyak lagi.

Di Bunaken, Anda dapat melihat berbagai macam kehidupan laut yang indah, bahkan aneh. Air laut yang jernih mempermudah untuk melihat pemandangan di bawah laut. Bagi Anda yang gemar scuba diving

Aktivitas yang Dapat Dilakukan selain menyelam adalah:

•Menyusuri pantai, terutama saat air surut.
•Berjalan kaki menyusuri teluk-teluk terpencil yang terletak di bagian timur dan utara pulau.
•Memancing di luar area taman laut dengan menyewa kapal atau bergabung dengan nelayan lokal.
•Melihat lumba-lumba dan paus dengan menyewa kapal pribadi maupun bergabung bersama rombongan diveboat.
Selain aktivitas yang telah disebutkan di atas, Anda dapat bersantai menikmati kuliner lokal. Banyak sekali restoran dan kafe di Manado dan pulau-pulau sekitarnya. Kuliner khas di sana adalah seafood, bubur manado, dan berbagai makanan terbuat dari kelapa.

Atau berbelanja dengan berbagai souvenir untuk oleh-oleh. , kain, kaos, dan perhiasan atau produk-produk kerajinan berbahan dasar dari laut( koral dan kerang).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s