Taman Laut Terbesar di Indonesia

Taman Laut Terbesar di Indonesia

Inilah kecantikan Raja Ampat yang mulai termasyhur itu. Terdiri dari 1500 pulau dan atoll, serta empat pulau besar, Raja Ampat menyimpan terumbu karang terlengkap di dunia. Belum lagi perairannya. Dengan air sebening kaca, dari tebing dengan ketinggian 100 meter, ikan-ikan di bawahnya pun bisa terlihat jelas.Raja Ampat pun menjadi rumah bagi berbagai spesies burung cendrawasih, maleo, nuri, kakatua serta beragam anggrek.Menyelam adalah aktivitas favorit bagi mereka yang pergi menuju taman laut terbesar di Indonesia ini. Lihatlah foto-foto keindahan Raja Ampat di bawah ini:
Foto: Dok. True Love


Foto: Dok. True Love


Foto: Dok. True Love


Foto: Dok. True Love


Foto: Dok. True Love


Foto: Dok. True Love


Foto: Dok. True Love

RAJA Ampat menjadi destinasi unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 2012. Di sini wisatawan dapat menikmati indahnya terumbu karang dengan biota laut menawan, serta pemandangan bahari yang mengesankan.

Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong sejak 2003. Kabupaten  dengan luas wilayah sekira 46.000 kilometer persegi, namun hanya 6.000 kilometer persegi berupa daratan, dan 40.000 kilometer persegi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat.

Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung Pulau Papua, dengan kurang lebih 1.500 pulau kecil dan atol, serta empat pulau besar utama, yakni Misol, Salawati, Bantata, dan Waigeo. Inilah yang kemudian menjadikan Raja Ampat taman laut terbesar di Indonesia.

“Pesona Keindahan yang dimiliki Raja Ampat tidak ada duanya. I bisa melihat keindahan terumbu karang tanpa harus menyelam, terbukti bila terumbu karang di laut Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini, juga ditemukan 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang.

“Khusus untuk Anda yang tidak tertarik dengan aktivitas menyelam, hamparan laut biru yang membiaskan keindahan langit, taburan pasir putih yang memancarkan kilaunya bagaikan mutiara, bisa dinikmati. Selain itu, di sana masih ada gugusan pulau-pulau yang memesona dan flora serta fauna unik, seperti cenderawasih merah, cenderawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis bunga anggrek.

Penginapan sederhana yang hanya berdinding serta beratap anyaman daun kelapa itu bertarif minimal 75 euro (Rp900 ribu) semalam. Namun, jika Anda ingin menyelam, tambahan biaya yang harus dikeluarkan sebesar 30 euro (sekira Rp360 ribu) sekali menyelam pada satu lokasi tertentu.

Kebanyakan wisatawan datang dari Eropa. Hanya beberapa wisatawan asal Indonesia yang menginap dan menyelam di sana. Pulau Kri, Waigeo, serta Misool juga menyiapkan resor buat pengunjung. Di pulau Misool ada Eco Resort yang dibangun dengan menerapkan prinsip-prinsip konservasi alam yang ketat.

Beberapa resor menetapkan harga relatif mahal karena menyuguhkan fasilitas lengkap. Wisatawan dengan biaya terbatas juga dapat memanfaatkan resor milik pemerintah yang jauh lebih murah di daerah Waisai, Ibu Kota Raja Ampat.

Untuk datang ke sana, Anda harus terbang dulu ke Bandara Domne Eduard Osok, Sorong, Papua, lalu langsung menuju lokasi dengan kapal cepat berkapasitas sekira 10 orang yang tarifnya Rp3,2 juta sekali jalan. Perlu waktu sekira 3-4 jam untuk mencapai kawasan Raja Ampat, khususnya ke Pulau Mansuar.

Berkeliling pulau yang diinginkan, kita dapat menyewa speedboat berkapasitas 10 orang dengan harga Rp3-5 juta per delapan jam, tergantung kepandaian Anda menawar. Anda juga bisa mengambil paket wisata dengan mengunjungi perkampungan untuk melihat tanaman dan hewan khas setempat seperti burung Cendrawasih.

“Untuk masuk ke kawasan Raja Ampat, setiap orang harus membayar biaya masuk sebesar Rp250 ribu untuk wisatawan domestic dan Rp500 ribu untuk wisatawan dari mancanegara.

This entry was posted in Taman Laut and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s